Minggu, 23 Juli 2017

Ini nih Fakta Mengejutkan tentang Pendidikan di Finlandia yang Merupakan Terbaik di Dunia Walau Jam Sekolahnya Hanya 5 Jam dan Tanpa Ujian!

Finlandia ialah salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan Finlandia, lebih menekankan kepada kompetensi guru dan muridnya, bukan soal pelajarannya.
Dalam sistem pendidikan Finlandia, mereka menganggap guru adalah komponen utamanya. Maka tidak heran jika gajih guru disana merupakan yang paling tinggi. Tak hanya itu, Finlandia juga tidak mempunyai Ujian Nasional (UN), karena menurut mereka, guru dianggap lebih tahu bagaimana cara mengevaluasi murid-muridnya dibanding test akhir.


Lebih mengejutkannya lagi, sistem pendidikan di Finlandia ini ternyata merupakan bentuk ajaran Ki Hajar Dewantara yang menggunakan filosofi Tut Wuri Handayani. Sementara Indonesia sendiri yang merupakan pemilik filosofi ini sudah keluar dari jalur.

Berikut beberapa fakta menarik yang berhasil satumedia.co rangkum dari beberapa media:

  • – Di Finlandia, anak-anak baru boleh mengikut pendidikan setelah berusia 7 tahun.
  • – Cara belajar di Finlandia, 45 menit digunakan untuk belajar dan diberi waktu 15 menit untuk beristirahat.
  • – Semua sekolah di Finlandia bebas dari biaya. Sekolah swasta pun diatur secara ketat agar tetap terjangkau.
  • – Menerapkan program makan siang gratis untuk semua siswa, dan ini baru pertama kali di dunia yang menerapkan program seperti ini.
  • – Semua guru di Finlandia dibiayai untuk meraih gelar master. Gaji mereka pun termasuk dalam jajaran gaji paling tinggi di Finlandia
  • – Guru dianggap paling tahu bagaimana cara mengevaluasi murid-muridnya. Oleh sebab itu Ujian Nasional sangatlah tidak perlu.
  • – Siswa SD-SMP hanya bersekolah 4-5 jam per hari. Untuk siswa SMP dan SMA sistem pendidikan mereka sudah seperti di bangku kuliah.
  • – Tidak ada sistem rangking di sekolah. Finlandia percaya bahwa semua murid itu seharusnya rangking 1.


Sudah saatnya Indonesia mulai membuka diri untuk belajar dari negara-negara maju soal pendidikan

Baca Juga


EmoticonEmoticon