Kamis, 20 Juli 2017

Selain sebagai Pengembang makanan Ternyata Baking Soda juga punya Manfaat Luar Biasa Seperti ini loh! Pasti kamu belum tau

Untuk yang sering berurusan dengan makanan, kue, dan segala yang berhubungan dengan dapur, baking soda pasti tidak asing. Baik dilihat, didengar, atau pun dipegang. Bubuk berwarna putih ini berfungsi sebagai pengembang makanan dan kue.

Tidak melulu digunakan untuk makanan, ternyata ada 14 fungsi ajaib lainnya dari baking soda yang bisa kamu pakai untuk keperluan sehari-hari. Mulai dari untuk perawatan badan dan perawatan barang-barang di sekitar kita. Daripada penasaran, langsung kita simak bersama rangkuman yang sudah kami siapkan untuk kamu, yuk!


1. Mencuci buah dan sayur jangan cuma pakai air. Oles dan gosok-gosok baking soda di permukaan sebelum membilasnya secara bersih.

Untuk mendapatkan hasil mencuci sayur dan buah yang maksimal bersihnya, kamu bisa pakai baking soda. Sebelum mencuci, lumuri baking soda di permukaan kulit buah, supaya sisa-sisa kotoran dan pestisida bisa hilang.
Setelah itu bilas dengan air dan keringkan. Cepat, mudah, dan kehigienisan tetap terjaga!

2. Agar bungamu lebih segar dan tahan lama mekarnya, beri sejumput bubuk baking soda di dalam vas yang berisi air. Tetap cantik walau didiamkan beberapa hari~

Supaya bungamu tetap fresh lebih lama, kamu bisa masukkan sedikit baking soda ke dalam vas yang berisi air. Bungamu nggak akan mudah layu, deh!

3. Agar baju lebih bersih dan bebas dari noda kuning di ketiak, taburkan baking soda sebelum mulai proses mencuci. Untuk baju warna putih pun, jadi nggak mudah menguning!

Supaya pakaianmu lebih bersih dan menghilangkan bekas keringat di bagian ketiak, kamu bisa mengandalkan baking soda. Sesaat sebelum menguceknya, kamu bisa bisa menaburkan di bagian ketiak, lalu rendam dan cuci. Untuk baju warna putih, dengan baking soda baju jadi nggak mudah menguning dan awat putihnya. Kamu bisa lihat hasilnya setelah kering, guys!

4. Nggak cuma baju yang awet putihnya, sepatu kanvas putihmu yang kotor pun bisa kembali seperti baru! Baking soda adalah penyelamatmu.

Untuk sepatu kanvasmu yang berwarna putih yang kotornya nggak karuan, jangan khawatir. Sepatu putihmu yang bersih bisa jadi seperti baru! Siapkan beberapa sendok baking soda di wadah plastik dan campur dengan sedikit air. Lalu, sikat dengan sikat gigi yang tidak terpakai. Gosok perlahan, bersihkan, dan taraaa~ Sepatumu kembali bersih dan putih!

5. Coretan krayon di tembok gegara ulah adikmu memang bikin bete. Dengan baking soda, tembokmu bisa kembali bersih!

Punya adik atau saudara yang masih kecil memang menyenangkan. Tapi, kalau mereka sudah coret-coret tembok dengan krayon, udah beda lagi ceritanya. Dengan baking soda, noda membandel ini bisa hilang lho! Dengan bantuan lap basah dan bubuk putih ajain ini, noda bisa ditumpas!

6. Manjakan kakimu yang lelah bekerja seharian dengan air hangat dan baking soda. Kaki halus dan bebas daki bisa kamu wujudkan!

Memanjakan kakimu setelah bekerja kras seharian sesekali harus kamu lakukan. Dengan 4 sendok makan baking soda, dicampur dengan air hangat, kakimu akan terelaksasi. Gosok perlahan dan hilangkan daki yang mengotori kaki selama 10 menit. Kaki yang sehat dan bersih bisa kamu dapatkan dalam waktu singkat!

7. Mengurangi bau mulut dan memutihkan gigi bisa didapat dengan bubuk putih ajaib ini. Kumur dan sikat gigilah dengan rutin!

Campuran air dan baking soda bisa kamu manfaatkan sebagai penghilang bau mulut dan memutihkan gigi. Kamu tinggal mencampurkan dua bahan tersebut dalam sebuah gelas, pakai untuk berkumur selama 30 detik! Untuk gigi lebih putih, kamu bisa ambil baking soda dengan sikat gigi, dan gosok seperti kamu menyikat gigi. Asalkan rutin, gigi putih bisa kamu dapatkan!

8. Campuran baking soda dan jus lemon adalah ramuan ampuh sebagai pengganti lulur. Daki dan daerah yang gelap bisa diatasi dalam waktu singkat!

Untuk menghilangkan daki dan sel kulit mati, biasanya kamu memakai lulur sebagai solusinya. Dengan baking soda, ternyata sensasi scrub dan daki hilang bisa kamu dapat, guys! Kamu hanya perlu menyediakan satu sendok makan baking soda, dicampur dengan setengah cup jus lemon, dan air. Aduk, lalu gosok ke area yang ingin kamu bersihkan secara melingkar. Kamu bisa lihat hasilnya.

9. Rambut lepek bisa diatasi dengan bubuk yang sering nangkring di dapur ini. Dry shampoo adalah fungsi lain dari baking soda.

Nggak cuma bedak bayi yang bisa kamu jadikan alternatif, ternyata baking soda juga bisa kamu jadikan andalan. Cara memakainya pun hampir sama dengan bedak bayi, kamu tinggal aplikasikan ke bagian kulit kepala dengan kuas. Tunggu beberapa saat, lalu kibaskan supaya tidak ada bekas putih yang menempel.

10. Bersihin kuas makeup jangan cuma pakai air hangat. Baking soda bisa kamu jadikan campuran supaya bisa lebih bersih.

Bubuk ajaib ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan kuas. Kuas makeup pun bisa diatasi. Rendam 1 sendok makan baking soda di sebuah wadah dengan air hangat. Masukkan kuas makeup kesayanganmu. Diamkan sebentar, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan. Wah, penasaran pingin coba?

11. Saluran wastafelmu mampet? Campur baking soda, cuka, dan air panas agar air tidak tersendat lagi!

Saluran airmu lagi mampet? Tenang, baking soda bisa kamu andalkan di saat-saat genting ini. Caranya pun mudah.

Masukkan 1/4 sendok makan baking soda di lubang saluran
Tuang campuran 1 cup cuka dengan air hangat di atas lubang yang telah dimasukkan baking soda.
Busa-busa putih akan muncul. Biarkan sejenak.
Setelah itu, siram dengan air panas selama 30 detik.
Saluran air mampet sudah bukan jadi masalah!

12. Bau amis dari ikan dan aroma pedas setelah mengupas bawah merah bisa hilang seketika. Karena baking soda yang bekerja!

Bau amis dari ikan atau aroma yang mengundang air mata dari bawang merah kini bisa diatasi. Kamu tinggal menambahkan baking soda di telapak tangan lalu menggosok-gosokkannya dengan kedua tangan. Bau nggak sedap bukan masalah!

13. Bau nggak sedap dari sepatu bukan jadi masalah besar. Taruh kantong kecil berisi baking soda, sepatumu jadi nggak bau lagi, deh!

Baking soda bisa menyerap bau tidak sedap, yang bersumber dari sepatu pun bisa. Supaya bau tidak sedap tidak menyebar, kamu bisa siapkan baking soda. Lalu masukkan ke dalam kantong kain kecil, dan ikat. Taruh di dalam sepatumu. Dijamin bau tidak sedap akan musnah keesokan harinya.

14. Ngupas telur rebus nggak perlu khawatir tercuil. Tambahkan sejumput baking soda di dalam panci sebelum merebus adalah solusinya.

Mengupas telur rebus memang membutuhkan kesabaran yang tinggi supaya putih telurnya tidak terkelupas. Mengupas pelan-pelan juga akan membuang waktumu. Untuk waktu yang efisien saat mengupas, kamu masukkan saja sesendok kecil baking soda ke dalam air yang kamu gunakan untuk merebus telur. Setelah matang, niscaya kulit telurnya mudah dikupas tanpa ada putih telur yang tercuil.

Nah, dari beberapa fungsi ajaib baking powder ini, mana nih yang bikin kamu makin tau dan ga sabar buat cobain?

Sumber :Hipwee

Baca Juga


EmoticonEmoticon