Senin, 24 April 2017

Jangan Malas Makan Sayur!! Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Kekurangan Serat!

Serat menjadi salah satu nutrisi utama pendukung kesehatan pencernaan. Serat yang bisa kamu dapatkan dari buah, sayur, kacang-kacangan, maupun biji-bijian akan membuat pergerakan usus jadi lancar sehingga mencegahmu dari penyakit sulit BAB atau sembelit.

Selain manfaat tersebut, serat yang berfungsi seperti spons ini akan menyerap lemak dalam darah sehingga mengurangi masalah jantung. Dan bagi kamu yang ingin lebih langsing, konsumsi makanan tinggi serat karena serat akan membuatmu mudah merasa kenyang dan kamu terhindar dari keinginan untuk ngemil berlebihan.

Lalu, apa yang akan kamu alami jika kamu kurang mengonsumsi serat? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.


Mudah lapar

Serat yang masuk ke dalam pencernaan bisa membuat perutmu terasa penuh. Hasilnya, kamu jarang lapar. Namun ketika makanan yang kamu konsumsi tinggi karbohidrat, kalori, dan lemak maka kamu jadi sering lapar sebab tubuh membutuhkan energi yang besar untuk mencernanya.

Naiknya gula darah

Serat bermanfaat untuk membuat gula darah jadi stabil. Sehingga ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan tidak cukup serat, gula darah akan naik dan berakhir dengan munculnya penyakit diabetes.

Tinggi kolesterol

Makanan tinggi serat bermanfaat untuk mengeluarkan kolesterol dari dalam tubuh. Jadi saat kamu kurang serat, tingkat kolesterol akan naik dan bisa membahayakan jantung.

Makanan tinggi serat tak hanya bisa kamu dapatkan dari sayur dan buah saja. Serat juga bisa berasal dari biji-bijian sehat. Bijaklah dalam memilih makanan apa yang akan kamu konsumsi sehingga kesehatan tubuh selalu terjaga

Baca Juga


EmoticonEmoticon