Senin, 24 April 2017

Jangan Sepelekan Bengkak pada Lidah! Bisa jadi itu Pertanda dari 9 Jenis Penyakit berikut ini!

Lidah adalah organ yang membantu proses pencernaan dengan mengunyah dan menelan makanan. Lidah juga membantu kita mengucapkan kata-kata saat berbicara. Sehingga, lidah memiliki peran yang banyak dalam kehidupan kita.

Yang belum banyak orang tahu, kondisi lidah ternyata dapat mencerminkan kesehatan seseorang.
Waspadalah jika lidah membesar karena mengalami pembengkakan sehingga menempel atau mendesak gigi. Aktivitas makan dan berbicara menjadi terganggu.

Kondisi ini dikenal sebagai lidah bergelombang, lidah crenated, lidah pie crust atau crenulated lidah.
Menurut Boldsky.com, jika lidah mengalami pembengkakan, itu bisa menjadi salah satu pertanda tubuh kita menderita 9 penyakit berikut ini.

1. Hipotiroid

Hipotiroid digadang-gadang sebagai penyebab umum pembengkakan pada lidah.
Hipotiroid adalah suatu keadaan berkurangnya produksi hormon tiroid dalam tubuh. Jika tubuh tidak memiliki cukup hormon tiroid maka lidah akan menonjol dan mengalami pembengkakan yang dapat mendorong keluar ke arah gigi.


2. Sindrom Temporomandibular Joint

Sindrom ini ditandai dengan lidah yang bergelombang, diikuti munculnya rasa nyeri pada tulang emporal atau dua sendi pada rahang. Ketika kita membuka dan menutup mulut atau mengunyah makanan sensasi nyeri semakin terasa.

3. Defisiensi Limpa Qi

Kesehatan limpa memiliki hubungan dengan bentuk lidah bergelombang. Ketika limpa membesar atau bengkak karena infeksi atau cedera, lidah pun mengalami pembengkakan.

4.Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang cukup serius. Awam mengenalnya dengan mendengkur.
Namun, napas para penderita sleep apnea terhenti sesaat ketika tertidur sehingga tubuh dan otak tidak mendapat cukup suplai oksigen. Lidah bengkak juga bisa menjadi pertanda gangguan tidur ini.

5.Kekurangan Vitamin dan Mineral

Lidah yang mengalami pembengkakan bisa juga menunjukkan kita kekurangan mineral dan vitamin B12. Tak hanya membengkak, lidah juga memerah.

6. Kecemasan

Dalam beberapa kasus rasa cemas yang berlebihan akan menyebabkan lidah membesar dan memiliki efek bergelombang di kedua sisi. Jadi, lebih baik kelola tingkat stres dan kecemasan kita, ya!

7.Alergi

Alergi juga bisa ditandai dengan lidah bengkak dan membesar. Alergi dapat disebabkan oleh keliru minum obat, makanan atau gigitan serangga.

8. Cedera Lidah

Cedera lidah berpengaruh pada pembengkakan dalam kurun waktu pendek.

9.Penyebab Genetika

Lidah bengkak atau bergerigi jugabisa mengarah pada suatu penyakit turunan atau genetika. Misalnya penderita down syndrome sebagian besar mengalami hal ini pada lidahnya.

Reporter : Menda Clara Florencia

Baca Juga


EmoticonEmoticon